Beranda » Artikel Terbaru » Cara Foto Produk Pakaian

Cara Foto Produk Pakaian

Diposting pada 9 April 2019 oleh fandaku2814 | Dilihat: 13.456 kali

Cara Foto Produk Pakaian

Ketika Anda memotret pakaian untuk toko eCommerce Anda, Anda tentu ingin melakukannya dengan benar. Memotret pakaian tidak sesulit memotret perhiasan karena Anda tidak berurusan dengan benda-benda kecil, berkilau dan detail, tetapi Anda masih perlu mengaturnya dengan benar dan menangkap semua secara detail.

Dalam panduan langkah demi langkah ini, saya membahas dasar-dasar fotografi produk: peralatan yang Anda perlukan, menyiapkan barang-barang pakaian Anda, menyiapkan studio foto Anda (meskipun hanya di rumah).

Langkah 1 – Tentukan bagaimana Anda ingin menampilkan produk Anda

Sebelum memulai sesuatu, Anda harus membuat keputusan tentang bagaimana Anda ingin barang-barang pakaian Anda ditampilkan di toko eCommerce Anda. Ada tiga cara umum bagaimana pedagang memotret pakaian:

Gunakan manekin yang tidak terlihat

Ketika masuk ke sesi fotografi produk, menampilkan produk dalam bentuk yang lebih realistis seperti manekin bisa sangat bermanfaat bagi pelanggan Anda.

cara foto produk pakaian atau baju

Pembeli daring lebih mungkin membeli item pakaian jika mereka dapat memvisualisasikan bagaimana tampilannya ketika mereka memakainya.

Manekin akan memberikan produk Anda bentuk manusia yang realistis tanpa kesulitan menemukan model untuk setiap pemotretan. Anda dapat menghapus latar belakang dari setiap foto nanti untuk sentuhan profesional.

Kiat: Hindari lengan yang diamputasi, kecuali jika Anda menembakkan sesuatu tanpa tali. Dibutuhkan banyak waktu dan keterampilan untuk memberikan bentuk realistis yang menggantung di lengan kosong pada Photoshop, baik latar belakang Anda dihapus atau tidak.

Kiat: Pastikan Anda menggunakan manekin yang berdiri tegak. Manekin yang dirancang untuk toko bata-dan-mortir sering berdiri dalam posisi yang unik sehingga mereka semua tidak terlihat sama ketika berdiri bersama.

Ini akan terlihat sangat aneh ketika Anda menghapus latar belakang dari foto dan manekin memiliki satu tangan di pinggangnya atau pinggulnya mencuat!

Sewa model

Jika Anda memiliki anggaran, sewalah seorang model.

cara foto produk baju

Model dapat melakukan pose apa pun atau bekerja dengan segala jenis sudut saat menggunakan pakaian Anda. Ini akan membantu Anda membuat bidikan dalam konteks sempurna dari produk Anda yang dapat Anda gunakan di toko eCommerce Anda dan juga di media sosial … pikirkan Instagram dan Pinterest!

Kiat: Anda harus bereksperimen dengan berbagai pose tetapi pastikan Anda tidak menutupi terlalu banyak produk yang Anda jual setelah semua pembeli ingin melihat detailnya.

Model juga memberikan kepribadian produk Anda dan menciptakan lebih banyak merek. Banyak toko online, misalnya, memilih model yang menurut mereka mewakili ‘target pelanggan’ mereka.

Pada sisi negatifnya, menggunakan jasa model akan dikenakan biaya lebih mahal dari menggunakan manekin dan Anda harus menemukan waktu yang tepat untuk koordinasi.

Fotografi lay datar

Fotografi flat lay adalah yang termudah dan salah satu cara yang paling hemat biaya untuk memotret item pakaian Anda. Fotografi flat lay bekerja dengan baik untuk model baju kemeja dan saya juga melihatnya cocok untuk kaus kaki dan celana panjang pria.

Saya biasanya tidak akan merekomendasikan menggunakan flat lay untuk toko eCommerce Anda, kecuali jika Anda membutuhkan visual yang keren untuk dibagikan di media sosial. Saya pikir ketika datang ke gambar produk, menampilkannya dalam bentuk yang lebih realistis adalah nilai lebih bagi pelanggan Anda.

Untuk mengambil flatlay yang bagus, Anda akan membutuhkan selembar kertas putih besar atau selembar kain putih untuk meletakkannya di tanah. Pastikan produk Anda mencari yang terbaik – seterika pakaian Anda dan pastikan kerah ada di tempatnya dan kancing sudah terpasang. Anda dapat memberikan produk Anda bentuk yang sangat halus dan datar dengan selembar karton.

Ingat bahwa pelanggan Anda tidak dapat mencoba produk Anda, dan sering ragu untuk membeli produk karena mereka tidak dapat membayangkan bagaimana produk terlihat pada diri mereka sendiri.

Langkah 2 – Siapkan peralatan fotografi pakaian Anda

Peralatan yang Anda butuhkan tidak perlu mahal. Harga kamera digital sekarang semakin murah dan kamera smartphone juga semakin baik untuk digunakan foto produk.

cara foto produk pakaian dengan benar

Berikut daftar peralatan fotografi yang Anda perlukan:

Kamera

Memiliki kamera yang benar dapat membuat perbedaan antara foto yang terlihat profesional atau yang amatir. Mirrorless sejauh ini merupakan jenis kamera terbaik untuk memotret pakaian karena teknologi mereka yang lebih baru, konektivitas pencahayaan studio, dan bobot fisik yang lebih ringan bila dibandingkan dengan kamera DSLR tradisional, tetapi jangan tertipu untuk membelinya jika Anda tidak perlu melakukannya. Ponsel cerdas Anda juga bisa berfungsi.

Peralatan Penerangan

Untuk fotografi pakaian, pencahayaan sangat penting. Calon pembeli ingin melihat semua detail item sehingga sangat penting untuk mendapatkan lampu yang akan berbicara dengan kamera Anda. Untuk memulai , saya akan merekomendasikan memilih kit cahaya yang berisi tiga lampu sehingga pengaturan pencahayaan tiga titik dapat diimplementasikan (satu lampu tombol, satu lampu isi, dan lampu belakang atau rambut).

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan smartphone untuk fotografi Anda, maka berinvestasi dalam kit lampu terus menerus adalah cara yang harus diambil karena tidak perlu menyinkronkan cahaya ke rana kamera. Anda juga dapat menggunakan kit pencahayaan jenis ini dengan kamera tanpa cermin, tetapi hasil yang lebih baik dicapai dengan pengaturan pencahayaan studio tradisional dan pemicu nirkabel.

Bagi anda yang sering melakukan pengambilan foto produk di dalam ruangan, pencahayaan yang bersumber dari peralatan lighting seperti softbox atau umbrella sangatlah diperlukan. Dengan pengunaan pencahayaan dari softbox dan umbrella,  membuat hasil foto produk anda jadi lebih jelas dan detail sehingga hasil foto yang didapatkan menjadi lebih jelas dan menarik. Berikut fandaku rekomendasikan peralatan pencahayaan untuk foto produk lengkap sudah termasuk alas foto

klik untuk rekomendasi kami

Studio Backdrop Kit

Seiring dengan pencahayaan, latar belakang adalah salah satu bagian paling penting dari peralatan yang diperlukan untuk gambar tampak bersih. Saya sarankan mencari latar belakang fotografi putih polos yang mencakup stand. Kit harus sekitar 10 x 20 kaki karena ini memungkinkan Anda untuk memotret manekin secara penuh untuk gaun atau pakaian yang lebih panjang yang mungkin Anda jual.

klik untuk rekomendasi kami

Pemicu Pencahayaan Studio (Nirkabel)

Ketika membahas kamera tanpa cermin sebelumnya, saya menyebutkan Anda akan membutuhkan pemicu pencahayaan studio. Aksesori pihak ketiga ini akan berkomunikasi antara kamera dan kit pencahayaan studio untuk memastikan mereka ‘mati’ atau ‘menyala’ pada saat yang sama foto diambil. Saat Anda membeli salah satunya, pastikan merek yang Anda beli kompatibel dengan merek kamera yang Anda rencanakan untuk digunakan.

Tripod

Memilih tripod yang kokoh adalah keharusan untuk fotografi studio karena menghilangkan setiap guncangan kamera yang tidak diinginkan yang disebabkan oleh tangan memegang kamera Anda. Bertujuan untuk mendapatkan tripod yang memanjang kira-kira setinggi mata Anda dan cari yang memiliki tingkat semangat karena ini akan sangat berguna saat mengatur kaki ke atas.

Manekin atau Model

Manekin dapat memberikan manfaat tambahan untuk gaya keseluruhan dan menjaga anggaran Anda rendah. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pastikan untuk mendapatkan manekin tanpa lengan atau kaki yang diamputasi. Meskipun menggunakan model bisa mahal, manfaat tambahan yang dapat dibawa oleh seorang profesional untuk pemotretan terkadang lebih besar daripada biayanya.

Misalnya, model profesional akan dapat mengubah tubuh mereka untuk memuji pakaian yang mereka modelkan, sedangkan jika itu pada manekin, Anda harus menjepit pakaian untuk efek yang sama.

Seorang model juga dapat membawa gerakan alami ke pakaian yang pembeli bisa hubungkan. Juga berpose model Anda di lokasi luar mungkin lebih cocok dengan merek Anda daripada lingkungan studio dalam ruangan. Gambar pakaian gaya hidup semakin populer, jadi itu hanya tergantung pada keseluruhan tampilan dan nuansa yang Anda inginkan.

Langkah 3 – Siapkan produk pakaian Anda

cara foto produk pakaian menggunakan model

Persiapan adalah kunci pemotretan yang bagus. Waktu yang Anda masukkan di sini akan menghemat banyak waktu pengeditan sesudahnya. Saya menyarankan Anda untuk mengumpulkan semua pakaian yang ingin Anda foto dan memulai lini produksi untuk menyiapkan semuanya.

Menyetrika semua pakaian Anda adalah hal pertama yang harus Anda lakukan. Lakukan ini sebelum menggantung semuanya untuk memastikan tidak ada kerutan yang terlihat. Kemudian, siapkan kotak alat fotografi Anda, baterai cadangan siap dan pin sudah siap. Jika Anda mencari manekin, kenakan manekin Anda dengan pakaian pertama.

Langkah 4 – Siapkan studio fotografi Anda

Studio fotografi pakaian Anda bisa jadi profesional, atau mungkin hanya area cadangan di belakang toko Anda. Tidak masalah asalkan Anda memiliki kamera dan pencahayaan yang tepat. Atur latar belakang Anda terlebih dahulu. Setelah selesai, mulailah mengatur pencahayaan dan kamera Anda. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, pengaturan pencahayaan tiga titik adalah yang terbaik untuk fotografi pakaian.

Untuk memulainya, atur satu lampu di sebelah kamera Anda dan arahkan ke manekin, ini akan membentuk lampu tombol. Lampu kedua akan bertindak sebagai lampu pengisi dan harus diposisikan pada sudut 45 derajat dari manekin Anda dan jauh dari lampu tombol pertama. Akhirnya dengan posisi cahaya yang tersisa ini antara manekin dan latar belakang.

Jika anda membutuhkan perlengkapan untuk membuat studio foto produk pribadi anda. paket studio foto full set ini sangat lah cocok, dengan paket full set ini anda tidak perlu repot membeli perlengkapan foto studio produk terpisah tinggal pakai dan gunakan.

klik untuk rekomendasi kami

Langkah 5 – Periksa pengaturan kamera Anda

Saat mengatur kamera Anda, ada tiga faktor yang perlu Anda perhatikan – apertur, sensitivitas ISO, dan kecepatan rana.

Bukaan

Untuk fotografi pakaian, sangat ideal untuk memotret di f / stop tinggi, antara f / 8 dan f / 11. Ini akan membantu Anda mendapatkan bidikan yang lebih fokus pada produk pakaian Anda.

Kecepatan rana

Kecepatan rana mengacu pada berapa lama rana Anda akan tetap terbuka. Idealnya, Anda harus mengaturnya sekitar 1/125 saat memotret pakaian.

Sensitivitas ISO

Saat mengambil foto pakaian, pengaturan ISO yang ideal adalah antara 400 dan 800. Ini akan tergantung pada jenis sumber cahaya apa yang Anda gunakan. Jika Anda menggunakan pencahayaan buatan, atur ISO Anda antara 600 dan 800 sebagai gantinya, memungkinkan Anda untuk mengurangi kebisingan.

 

Langkah 6 – Mulai mengambil foto produk Anda

Sekarang, ke bagian yang menarik – memotret produk Anda!

Pastikan kamera Anda stabil. Gunakan tripod. Ini akan memberi Anda gambar produk yang lebih tajam dan lebih tajam. Jika Anda tidak memiliki tripod, Anda dapat menempatkan kamera di permukaan yang stabil atau keras.

Manekin atau model Anda harus berada di tengah bingkai kamera Anda. Pastikan bahwa itu mengambil sebagian besar kanvas Anda. Jika Anda membutuhkan pemotretan yang lebih dekat, sesuaikan tripod Anda atau sesuaikan zoom optik kamera Anda.

Kiat # 1: JANGAN gunakan zoom digital – Ini menurunkan kualitas foto produk Anda karena pemangkasan gambar saat memotret.

Kiat # 2: Atur kamera Anda pada mode pengatur waktu 2 detik. Melakukan hal ini memungkinkan kamera Anda untuk kembali fokus pada subjek Anda setelah menekan tombol rana

cara foto produk pakaian olahraga

.

Pamerkan detailnya

Jangan mengabaikan detail kecil saat Anda memotret pakaian. Tidak ada yang lebih buruk bagi pelanggan ketika mereka menerima produk dan menyadari bahwa kainnya kaku ketika mereka pikir itu lembut. Atau item tersebut memiliki zip lebih dekat ketika sebenarnya memiliki tombol.

Jadi ambil foto dari jahitan, kain, label, ritsleting, kancing dan hal lain dengan  item pakaian Anda yang menurut Anda mungkin ingin dilihat pelanggan sebelum melakukan pembelian.

Dengan memasukkan detail, Anda dapat mengurangi jumlah pertanyaan layanan pelanggan yang mungkin Anda terima dan juga meningkatkan tingkat konversi karena pelanggan memiliki semua informasi tentang item di depannya.

Anda selalu dapat mengaktifkan fungsi zoom yang memungkinkan pelanggan Anda melakukan zooming. Anda harus memberikan beberapa pilihan close-up untuk menunjukkan kepada pelanggan di mana mereka harus mencari.

Tips saat memotret pakaian

Untuk mendapatkan barang agar duduk dengan benar, saya sarankan menggunakan alat peraga dan alat bantu untuk membantu Anda saat Anda memotret pakaian. Setrika item pakaian untuk menghilangkan kerutan. Jika Anda perlu mengisi bagian dada pakaian, letakkan bra empuk pada manekin.

Gunakan pin dan pasak untuk menjepit pakaian ke tempatnya jika item terlalu besar untuk peragawati atau model. Menggunakan kipas dapat menjadi cara yang bagus untuk memberikan pergerakan produk Anda. Gunakan pita transparan untuk menjaga agar tidak ada label atau label yang menghalangi.

Bagikan informasi tentang Cara Foto Produk Pakaian kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Foto Produk Pakaian | Fandaku

Belum ada komentar untuk Cara Foto Produk Pakaian

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
OFF 13%
Fast Order
Softbox dan Tiang Stand

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Mulai Rp 389.900
Ready Stock / FD0004
*Mulai Rp 389.900
Ready Stock / FD0004
OFF 13%
Fast Order
Paket Studio Mini ukuran 40x40x40cm

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 349.900 Rp 400.000
Ready Stock / FD0010
Rp 349.900 Rp 400.000
Ready Stock / FD0010
Best Seller
OFF 22%
Fast Order
Paket 2 Softbox Dan 2 Light Stand

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 699.900 Rp 900.000
Ready Stock / FD0006
Rp 699.900 Rp 900.000
Ready Stock / FD0006
SIDEBAR

Mitra Pembayaran Kami